Firestop merupakan sistem yang di rancang untuk menghambat penyebaran api, asap, dan juga panas antara ruangan yang berbeda atau melalui penetrasi pada dinding, langit-langit, dan juga lantai bangunan. Fungsi utamanya adalah menjaga integritas struktural dan keselamatan bangunan saat terjadi kebakaran.

Tujuan utama dari firestop adalah memperlambat atau menghentikan perambatan api, asap, dan panas melalui celah-celah, saluran kabel, pipa, dan ruang udara dalam struktur bangunan. Dengan memberikan waktu tambahan bagi evakuasi serta memberikan kesempatan bagi petugas pemadam kebakaran untuk bertindak lebih efektif.

Firestop terdiri dari berbagai bahan tahan api yang di terapkan di sekitar penetrasi atau celah yang mungkin terjadi dalam struktur bangunan. Bahan-bahan ini mencakup lembaran intumescent yang mengembang saat terkena panas, segel silikon, plester tahan api, atau campuran bahan kimia lainnya. Selain itu, firestop juga dapat melibatkan penggunaan pelat logam, panel isolasi khusus, atau sistem intumescent yang di rancang khusus sesuai dengan kebutuhan keamanan tertentu.

Baca juga Artikel dari kami Perbaikan Beton Bocor

Area Pemasangan Firestop

Firestop Mortar

  1. Penetrasi Pipa: Firestop digunakan di sekitar pipa untuk mencegah penyebaran api melalui penetrasi ini.
  2. Penetrasi Kabel: Untuk melindungi saluran kabel dan juga mencegah perambatan api melalui kabel tersebut.
  3. Jendela dan Pintu: Firestop juga di gunakan untuk mengamankan celah di sekitar jendela, pintu, dan juga bingkai mereka.
  4. Ventilasi dan Duktus: Mencegah api dan juga asap menyebar melalui sistem ventilasi dan duktus.
  5. Ruang Keluar Darurat: Penting untuk melindungi jalur keluar darurat agar tetap aman dari risiko kebakaran.

Jenis-Jenis Firestop

  1. Segel Intumescent: Menggunakan bahan intumescent yang mengembang saat terpapar panas, membentuk penghalang api dan juga asap di sekitar penetrasi pipa, kabel, dan duktus.
  2. Mortar Tahan Api: Campuran bahan seperti semen dan pasir, di gunakan untuk mengisi celah di sekitar penetrasi dan juga membentuk penghalang api yang kokoh.
  3. Segel Silikon: Di gunakan untuk mengisi celah di antara bingkai pintu, jendela, dan juga dinding, membentuk penghalang tahan api yang fleksibel.
  4. Selubung Serat Mineral: Melindungi kabel dari paparan api dan juga panas, terbuat dari serat mineral tahan api.
  5. Pelat Logam Tahan Api: Lembaran logam khusus yang di lapisi dengan bahan intumescent, membentuk penghalang tahan api di sekitar penetrasi.
  6. Bantalan Intumescent: Di gunakan di sekitar pintu darurat, membentuk penghalang api saat terkena panas.

 Firestop System konstruksi

Merk dan Material

Merk

Material

Hilti

CFS SPWB,CP601,CP606,CP664,CP648,CP670, CP679,CP643,CP651,CP658,CFS-BL,CP678,CP679

Ipilite

C050Mortar,C011Coating,Vermiculite,C015,C132,Perlite

3M

Firedam,FirebariedMortar,FireblockFoam, Firebarier

*Daftar material dan merek tersebut hanya sebagian kecil dari beragam opsi yang tersedia di Indonesia. Kami siap memberikan berbagai pilihan merk dan juga material yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jasa Spesialis Firestop

jasa pemasangan Firestop mortar

Firestop merupakan elemen krusial dalam sistem proteksi kebakaran bangunan. Penerapan yang tepat serta pemeliharaan teratur adalah langkah kunci dalam memastikan keselamatan dan juga keamanan bangunan beserta penghuninya saat terjadi kebakaran.

Bangun Bersama Abadi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kimia konstruksi selama lebih dari 10 tahun. Pengalaman kami dalam menerapkan Firestop system telah teruji, dan kami siap membantu Anda dalam berkonsultasi. Jangan ragu untuk menghubungi kami di nomor 0812-8000-6132 atau melalui email di bangunbersamaabadi@gmail.com